RSS

Monthly Archives: June 2009

Kalo Negara Gue Miskin, Emang Kenapa?

Dalam suatu kesempatan mengikuti konferensi global AIESEC di Basel, Swiss waktu masih mahasiswa dulu, gue bersusah payah mencari sponsor yang bersedia mendanai keberangkatan itu. Maklum, kota Padang hanyalah sebuah kota yang ngga terlalu besar dengan dunia bisnis yang ngga terlalu berkembang. Perusahaan yang bisa didatangi dan diajak bekerjasama mendanai aneka kegiatan mahasiswa pun itu-itu aja. Bisa dibayangkan gimana kerasnya perjuangan mendapatkan sponsor di kota itu. Meski urusan sponsor belum menunjukkan titik terang, gue nekat ngurus visa dan lain-lain make celengan sendiri. Untunglah sampai 3 minggu menjelang keberangkatan gue, pihak kampus Universitas Andalas tercinta :-), Dinas Pariwisata dan sebuah pabrik semen satu-satunya di Sumatera Barat berkenan menjadi sponsor. Yah lumayanlah, buat bekal di negeri orang. Soalnya tiket PP udah ditanggung sama panitia.

Read the rest of this entry »

Advertisements
 
27 Comments

Posted by on June 15, 2009 in Macroeconomics for Dummies

 

TVRI Riwayatmu Kini…

images2

images

Selama dalam pengasingan seperti yang gue ceritakan disini, laptop dan televisi selalu menemani hari-hari gue. Sayangnya gue nggak punya akses internet dirumah, jadi nggak bisa blogwalking atau mengupdate blog Soyjoy ini. Alhasil, laptop hanya dipake untuk penggunaan yang minimum sekali, maen game! Membuat draft tulisan untuk blog Soyjoy aja sering mentok di paragraf pertama, nggak tuntas. Lha, ngga bosan maen game terus? Kalo terus-terusan maen, ya iyalah, masa ya iya donk?? *garing* Makanya ketika laptop udah ngga bisa membunuh sepi, gue raih remote control dan mulai nyetel televisi. Hah, hare gene nonton televisi? Seingat gue udah banyak tulisan para bloggers yang komplen sama acara televisi lokal yang nggak mutu. I couldn’t argue on that simple judgement because it is absolutely right by my opinion. Tapi gue disini mau sharing pendapat gue tentang acara televisi (selain televisi berlangganan atau cable TV loh…) yang mungkin jarang kita perhatikan. Read the rest of this entry »

 
10 Comments

Posted by on June 11, 2009 in Uncategorized

 

Penjara

Raga yang terpenjara memacu pikiran berkelana tanpa batas. Bung Karno dan Bung Hatta telah membuktikan dengan berbagai tulisan yang mereka hasilkan dari tempat pengasingan mereka di Digoel. Bahkan tembok dingin penjara sekalipun tak mampu menghalangi Buya Hamka untuk menyelesaikan mahakarya Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. Keterkungkungan justru membuat mereka lebih memfokuskan pikirannya untuk menghasilkan tulisan yang bernas dan bermanfaat buat pembacanya. Kalau mereka dengan segala keterbatasan yang ada berhasil melakukannya, kok gue nggak bisa ya? Toh kondisinya kurang lebih sama, gue yang terpenjara ini seharusnya bisa lebih fokus untuk menghasilkan tulisan yang mungkin bermanfaat buat pembaca blog Soyjoy.

Apa yang terjadi? Apakah blog Soyjoy dianggap meresahkan dan demi mensukseskan Pemilihan Presiden RI yang akan datang, sang empunya harus dipenjara? Read the rest of this entry »

 
17 Comments

Posted by on June 2, 2009 in Uncategorized