RSS

Dan Aku Memilih STING

21 Dec
jakarta_640

Foto diambil dari http://www.sting.com

Hari Jumat, seminggu yang lalu gue udah membulatkan tekad untuk memilih nonton Konser Sting dibandingkan Guns N’ Roses. Kebetulan konser keduanya berbarengan dihari Sabtu, 15 Desember 2012. Heh, what?? Am I out of my mind? Bukankah di hampir semua ID online gue mengaku sebagai “Heavy Metal Junky” atau istilah-istilah metal lainnya. Apakah Sting, yang sebelum bersolo karir beken bersama The Police, lebih metal dibandingkan Guns N’ Roses (GN’R)? Siapa tak kenal GN’R, biangnya Heavy Metal era awal 90an? Kala itu gue masih remaja tanggung yang ke sekolah masih pake celana abu-abu. Gue inget semua anak band (hey..gue dulu anak band, looh..*bangga*) musti bisa bawain lagu-lagu grup satu ini. Ngehits abis. Lalu, apakah kuping gue udah terlalu lembek untuk menerima musik cadas, mendengarkan lengkingan vokal Axl Rose?

Pertimbangan gue sederhana aja:

1. GN’R yang sekarang bukanlah GN’R yang dulu selalu jadi hit-maker. Memang masih ada Axl Rose, vokalis/ musisi jenius sekaligus biang rusuh. Asumsi gue, suara dahsyatnya mungkin udah terkikis oleh usia, yang udah setengah abad dan hobinya mabuk-mabukan dan (kayaknya) nge-drugs. Sejujurnya gue sedikit surprise pas tau beliau masih eksis didunia ini mengingat pola hidupnya itu. Ditambah lagi, keluarnya Slash, gitaris kribo dengan lengkingan gitar yahud, berkarakter dan gayanya yang super cool. Buat yang belum tau, coba googling videoklip lagu November Rain atau Estranged dan kamu bakalan tau gaya gitaris rock yang cool itu kayak apa.

2. Album musik terakhir GN’R, Chinese Democracy gaungnya kurang berasa. Entah karena genre musik sekarang udah bergeser atau gue memang gak terlalu mengikuti perkembangannya. Konon, gue pernah membaca kalau keluarnya Slash, Izzi dan Duff, orang-orang lama di GN’R berbuntut perselisihan soal siapa yang berhak memakai lagu-lagu hits mereka dimasa jaya dulu. Asumsi gue, GN’R format baru ini akan lebih banyak membawakan lagu-lagu dari album terakhir yang nggak terlalu familiar dikuping gue.

3. Reputasi GN’R dari dulu adalah konser yang selalu rusuh. Musik kerasnya meningkatkan adrenalin sehingga buat orang-orang lemah iman akan memicu adrenalinnya jadi beringas. Asumsi gue: Prodil penonton konser Sting mungkin lebih mapan dan tertib sehingga potensi rusuh hampir tidak ada.

4. Sting juga punya reputasi yahud. Secara relatif gue bisa bilang pamornya masih dibawah GN’R. Tapi Sting punya kelompok penggemarnya tersendiri. Musiknya pun lebih diterima ditelinga segala usia dan jenis kelamin. Lagu hits nya? Seabrek lagu hits udah dinyanyikannya, baik sebagai penyanyi solo maupun saat bergabung dengan The Police. So. it’s worth to watch.

2012-12-15 21.36.47

Begitulah, akhirnya dihari Sabtu minggu lalu gue, isteri dan Alif nonton konser Sting, yang digelar di Stadion Mata Elang, Ancol. Konsernya luar biasa. Sting, yang juga udah berusia setengah abad lebih masih mampu memperdengarkan suara beratnya yang khas sambil memainkan gitar Bass. Gue angkat jempol sama kualitas musikal Oom bule (Alif menyebutnya demikian) ini. Sting tampil tanpa banyak jeda dan sangat minim bicara. Beda sama konsernya om David Foster yang pernah gue tulis disini. Sayangnya gue pulang sebelum Sting menuntaskan penampilannya karena Alif udah ngamuk-ngamuk minta pulang karena bosan, katanya.

Begitulah, akhirnya gue memutuskan untuk menonton konser Sting daripada GN’R. Tapi, jauh dilubuk hati terdalam, gue masih penasaran, seperti apa konsernya idola masa muda gue, Axl Rose. Apakah mereka memainkan lagu November Rain dengan Axl memainkan Grand Piano? Apakah Sweet Child O’Mine mampu dibawakan sama gitaris penggantinya Slash? Apakah gitarisnya juga mampu memainkan melodi gitar dahsyat milik Slash pada lagu Estranged? Duh.. bagaimanapun, aku telah memilih…

 
4 Comments

Posted by on December 21, 2012 in Santai

 

4 responses to “Dan Aku Memilih STING

  1. nh18

    December 24, 2012 at 9:22 am

    Akhirnya GNR diundur sehari setelahnya ya Pak …

    dan saya dengar … entah betul entah tidak … Axl itu permintaannya aneh-aneh …. hehhee
    suka semaunya sendiri … (tapi ini gosip nih )

    salam saya Pak

     
    • soyjoy76

      December 25, 2012 at 12:12 am

      Untung GNR diundur ke hari berikutnya om.. Saya jd bisa nonton deh..hehe

       
  2. DV

    December 25, 2012 at 4:49 am

    Dan semua asumsimu tak cukup kuat untuk tetap nonton dua2nya ya Bro hehehe

     

Leave a Reply

 
