RSS

You Are (Not) Irreplaceable

27 Dec

art-work-GNR-333x500Nothing Last Forever, Even Cold November Rain…. (Axl Rose)

Gue lagi dalam perjalanan menuju Mata Elang International Stadium di Ancol untuk menonton konser STING ketika sms dari seorang teman masuk ke HP gue: “Konser GN’R ditunda jadi besok jam 1 siang. Cek detik.com deh. Nonton gak?” Gue sedikit nggak percaya. Gimana bisa sebuah konser musisi internasional diundur dan pengumumannya disampaikan persis dihari konser itu akan diadakan. Tapi gue segera sadar, yang bakal manggung itu Axl Rose, yang terkenal suka aneh-aneh dan unpredictable. Jadi bukan nggak mungkin berita itu benar adanya. “Boleh. Tiketnya gimana..?” balas gue. “Ntar lagi diusahain si Keiko”

Hari minggu 16 Desember 2012 jam 12 siang gue udah nongkrong lagi di Mata Elang International Stadium. Ya, konser Guns N’ Roses (GN’R) memang dimundurkan ke hari itu dan penyelenggaraannya dipindahkan dari rencana semula di Lapangan D Senayan. Alhamdulillah, 2 tiket untuk gue dan adik gue udah ditangan berkat bantuan si Keiko tadi. Gue girang bukan kepalang. Sebelumnya diberitakan dua kelompok musisi kelas dunia GN’R dan STING akan manggung dalam waktu yang berbarengan. Dengan berbagai asumsi seperti yang gue tulis disini, akhirnya gue putuskan untuk menonton konser STING daripada nonton GN’R. Dengan ditundanya konser GN’R berarti terbuka kemungkinan gue nonton dua-duanya. What a weekend🙂

Demikianlah, akhirnya gue duduk di tribun penonton, bersiap menarik memori gue kemasa 20 tahun silam, Sebuah mimpi yang tertunda sangat lama untuk jadi nyata. Namun gue juga bersiap kecewa, karena yang bakal gue saksikan ini bukanlah GN’R yang 20 tahun lalu begitu gue puja. Begitu lagu pertama dimulai, asumsi 1 dan 2 pada tulisan gue ini nyaris terbukti. Axl yang dulu berpostur slim dan energik kali ini tampil dengan perut gembrot, sehingga selalu dibalut jaket yang kebesaran dan topi yang menutupi kepalanya. Kumis pirang nan tebal juga membuatnya terlihat aneh. Lagu pembuka yang dilantunkan Axl diambil dari album Chinese Democracy. “Tuh kan..” batin gue,. Lagunya, menurut gue biasa banget. Mungkin karna tak akrab ditelinga. Penonton yang lain juga seakan mengamini. Hanya goyang-goyang kepala, ngga paham lagunya.

2012-12-16 13.40.26Masuk ke lagu berikutnya, hampir semua asumsi gue terpatahkan. Begitu intro lagu Welcome to the Jungle dimainkan DJ Ashba, salah satu gitaris pengganti Slash, penonton dan termasuk gue sontak berteriak histeris. Bulu kuduk jadi merinding. Masterpiece itu mulai mengalir, pikir gue. Gue sing along, tepatnya scream along karena sangat hafal lirik lagunya. Biarlah gue dibilang lupa usia karna gue ngga kuasa menahan hasrat untuk bernyanyi dan bergoyang seperti anak metal. Berturut-turut Axl menyanyikan masterpiece lainnya seperti Live and Let Die, It’s So Easy, Mr. Brownstone dan tentunya super hits Sweet Child O’Mine, Estranged dan November Rain. Axl membawakannya begitu bersemangat dan sukses mengejar nada-nada tinggi yang cukup rumit. Meski pada beberapa nada-nada tinggi dilagu berikutnya Axl sempat ngos-ngosan, tapi secara keseluruhan ia masih memperlihatkan suara dahsyatnya dan mengapa ia begitu menjadi Icon dimasanya. Orang ini fenomenal, pikir gue.

Satu momen yang tak terlupakan, dan selalu gue tunggu-tunggu adalah waktu grand piano digeser ketengah panggung dan Axl Rose duduk didepan tuts piano dengan segelas air minum diatas piano. Itu pertanda lagu November Rain akan dimainkan. Histeris. Gue bernyanyi (tepatnya berteriak) dengan fasih sepanjang lagu itu dan serius, itu momen yang gue tunggu sejak pertama kali liat video klipnya kira-kira 20 tahun yang lalu. Hanya saja, berbeda dengan di video klip, nggak ada lagi aksi slash yang bersolo gitar sambil berdiri diatas grand piano.

Adek gue yang usianya terpaut 10 tahun dari gue, dan besar dizamannya Blink 182, Limp Bizzkit atau Linkin Park nggak habis pikir kok gue bisa hafal hampir semua lagu-lagu hits GN’R itu setelah sekian lama berlalu. Secara bercanda gue bilang, “status hafalan lirik lagu GN’R gue cuma satu level dibawah hafalan bacaan Sholat” hehe…

Kembali ke konser GN’R, silih berganti pula 2 gitaris pengganti Slash (bayangkan, 1 Slash digantikan oleh 2 gitaris!!!) memamerkan kebolehannya menyayat senar gitar. Lagu-lagu melodi dahsyat yang diciptakan dan dibawakan secara dramatis oleh Slash ternyata bisa dimainkan dengan sempurna oleh para penggantinya itu. Memang sih gayanya ngga se-cool Slash, tapi secara fair pantaslah diacungi jempol. Nggak terasa, gue sedikit melupakan kekecewaan bahwa yang main gitar dipanggung itu buanlah Slash. Gue cuma membayangkan, apa jadinya kalau yang menyanyikan lagu-lagunya itu bukan Axl Rose? Barangkali sang vokalis pengganti itu akan terkurung dibawah bayang-bayang Axl atau malah membawakan dengan gayanya sendiri yang pastinya juga terasa asing. Rasanya layak juga kalau gue bilang ke Slash, “You are (not) irreplaceable”. Sedangkan untuk Axl Rose, “You are irreplaceable”.

Link video diambil dari Youtube

2012-12-16 17.07.24

 
10 Comments

Posted by on December 27, 2012 in Santai

 

10 responses to “You Are (Not) Irreplaceable

  1. DV

    December 27, 2012 at 8:42 pm

    Hahahaha gue suka conversation antara loe dengan adik loe, Bro! :)))

     
    • anderson

      January 1, 2013 at 11:53 pm

      Psst…ntar gue diomelin Uda Vizon pake bawa-bawa bacaan sholat segala.. :-0

       
  2. dea

    December 29, 2012 at 11:18 am

    waaa suka GNR yaa kaya suami ku ajah😀

     
  3. nh18

    December 29, 2012 at 12:07 pm

    Metalll …
    Suka foto yang di depan backdrop ituh …

    salam saya

     
    • vizon

      January 1, 2013 at 9:27 am

      Setuju dengan Om Nh..
      Foto yang di depan backdrop itu cettar membahana badai, haha..😀

       
    • anderson

      January 1, 2013 at 11:56 pm

      Maaf Om Nh dan Uda Vizon…itu foto anak metal lupa usia😛

       
  4. Zizy Damanik

    January 3, 2013 at 10:54 am

    Saya gak nontooonnnn padahal ngefans banget sama GNR. Males soalnya, apalagi mikirin harus ninggalin anak di rumah.

     
  5. Rifai Prairie

    February 23, 2013 at 12:34 pm

    Ok! lets rock Bro…

     
  6. boyin

    March 16, 2013 at 9:15 am

    ke ancol mampir2 lah bro…khan gw gawe disono…japri aja kalo mau ketemuan…

     
    • soyjoy76

      March 22, 2013 at 8:56 am

      Siip Bro… Btw, gawenya di MEIS apa di TIJA nya nih?

       

Leave a Reply

 
