RSS

Media Sosialis Manakah Kamu?

16 Jul
Media Sosialis Manakah Kamu?

 

Dizaman internet saat ini, saya berani mengklaim bahwa hampir 100% dari yang sedang membaca tulisan ini, pasti memiliki akun media sosial (medsos) minimal dua jenis. Dengan mudah dan relatif murahnya akses internet, semua orang merasa perlu terhubung ke dunia luar untuk melakukan transaksi bisnis, mendapatkan informasi, berpendapat atau sekedar eksis.

Saya pun sejak mengenal internet, terutama yang mobile melalui smartphone, banyak menggunakan medsos ini. Perkenalan saya dengan satu jenis medsos umumnya diawali dari word of mouth, referensi dari teman maupun media. Hampir semua medsos yang happening akan saya coba download aplikasinya, membuat akun dan kemudian seiring waktu akan memutuskan apakah lanjut  atau keluar serta mendelete aplikasi tersebut.

Saya coba membuat daftar beberapa medsos yang pernah saya gunakan, sekedar melihat sejarah bahwa saya udah eksis di dunia maya cukup lama. Eksis lho ya, bukan ngetop..hehehe.

  1. Yahoo Messenger (YM)

Medsos berbasis chat/ realtime message ini sempat meraja dikalangan anak muda seiring berjayanya Yahoo sebagai akun email gratisan.

Mulai Aktif: Tahun 2002

Alasan Penggunaan: Chatting dengan teman sesama pengguna YM didepan komputer sehingga terlihat oleh bos seolah-olah sedang bekerja J  Sisi baiknya, bisa digunakan untuk update kerjaan ke bos-bos saya anytime anywhere.

Status Akun Saat Ini: Sudah Tidak Aktif

  1. Friendster (FS)

Ini medsos pertemanan paling happening didekade pertama abad ke 21. Di medsos inilah orang-orang mulai narsis, memajang foto paling heits dan berkata-kata (sok) bijak.

Mulai Aktif: Tahun 2004

Alasan Penggunaan: Untuk eksis…ya, emang ada alasan lain? hehe

Status Akun Saat Ini: Sudah Tidak Aktif

  1. Facebook (FB)

Medsos pertemanan bikinan Mark Zuckenberg  ini sukses mematikan friendster semati-matinya. Orang-orang amaze bagaimana medsos ini bisa mempertemukan lagi dengan teman-teman yang udah lama kehilangan kontak. Teman kuliah, teman SMA sampai teman SD yang puluhan tahun tidak ketemu saja bisa terhubung kembali.

Mulai Aktif: Tahun 2006

Alasan Penggunaan: (a)Terhubung dengan teman-teman yang udah lama tidak ada kontak. Teman-teman baru juga welcome. (b)Share berita penting, bantu promosi event ditempat saya bekerja (c) Satu akun FB bisa dipakai untuk akses akun medsos lainnya.

Status Akun Saat Ini: Aktif Kembali sejak 2016 setelah Hybernate sejak tahun 2008

  1. Blog WordPress.com (WP)

Berawal dari hobi menulis karangan bebas yang biasanya dishare di YahooGroups (ini juga sempat happening).

Mulai Aktif: Tahun 2008

Alasan Penggunaan: (a) Penyaluran hasrat menulis saya tentang apapun, mulai tentang keseharian, kritik sosial, humor dan curcol. (b)Berinteraksi dan berteman (at least in my point of viewJ)dengan seleblog ternama seperti om NH18, Uda Hardi Vizon, DV dan Imelda San.  Cita-cita untuk mengkomersialkan blog belum pernah berhasil karena popularitasnya rendah, kata Alexa L

Status Akun Saat Ini: Saya memiliki 3 blog berbasis wordpress, dimana 1 akun mati suri (http://www.soyjoy76.wordpress.com ), 2 akun Tidak Aktif (http://www.kioskarikatur.wordpress.com dan http://www.funancialmanagement.com)

  1. Twitter

Ketika menulis di Blog butuh waktu dan riset lumayan panjang sehingga mulai jarang update tulisan, datanglah medsos imut ini. Hanya 140 karakter, tapi bisa dibuat serial alias kultwit, sehingga hasrat menulis tetap tersalurkan. Twitter juga melatih penulisan efektif, tanpa berpanjang-panjang kalimat seperti pada blog.

Mulai Aktif: Tahun 2009

Alasan Penggunaan: (a) Alternatif menulis di blog (b)Update berita lebih cepat tentang berbagai hal (c) Dapat info / opini yang tidak ditemukan di media mainstream

Status Akun Saat Ini: Aktif

  1. LinkedIn

Saya lupa bagaimana awalnya sampai punya akun di medsos ini. Saya suka medsos ini karena bebas dari orang-orang berfoto narsis, share berita hoax dan postingan sampah lainnya. Mungkin karena ide awalnya adalah untuk orang professional berbagi informasi pekerjaan, potensi kerjasama dan hal-hal terkait dunia kerja. Intinya tempat orang jual diri lah. Dan uniknya, medsos ini tetap bisa mempertahankan statusnya seperti itu. Beberapa orang mungkin mencoba untuk narsis atau beriklan spam, namun selalu diprotes oleh akun-akun lain dan (mungkin juga) ditegur oleh pengelola medsos.

Mulai Aktif: Tahun 2012

Alasan Penggunaan: (a) “Jual diri”, walaupun tidak terang-terangan, tapi buat apa coba memajang historis pekerjaan, hehehe… (b) Membaca/sharing postingan seputar dunia kerja.

Status Akun Saat Ini: Aktif

  1. Instagram (IG)

Waktu baca tentang medsos ini di kolom teknologi Koran Kompas, langsung saya download. Kebetulan saat itu sedang gandrung Phone Photography, jadi seolah ketemu Gallery gratisan.

Mulai Aktif: Tahun 2012

Alasan Penggunaan: (a) memajang foto hasil jepretan sendiri (b)Sharing momen-momen keren lainnya.

Status Akun Saat Ini: Aktif

  1. Path

Dapat info tentang Path juga dari kolom teknologi Koran Kompas. Waktu itu saya berpikir, ini The Next Happening Thing, jadi langsung download.

Mulai Aktif: Tahun 2013

Alasan Penggunaan: Sharing momen-momen keren dan lucu disekitar saya. Sesekali terselip curcol, namun pake quote singkat atau meme bikinan sendiri. Kata-kata (Sok) Bijak? Ogah. Kalau ada yg keseringan posting kata-kata (sok)  bijak, pamer foto/ kegiatan yang berlebihan, juga siap-siap saya unfriend, hehehe.

Status Akun Saat Ini: Aktif

  1. Trip Advisor

Saya mendownload medsos ini karena sering mencari referensi tempat wisata dan hotel. Kalau suatu tempat banyak yang review dan kasih bintang >4, biasanya tempat itu memang benar-benar bagus. Lama-lama saya tertarik untuk ikutan bikin review (maklum, blogger). Sebenarnya medsos ini cenderung satu arah, namun terkadang owner/ humas dari tempat-tempat yang saya review juga memberikan feedbacknya atas review yang saya buat. That is something, buat saya…

Mulai Aktif: Tahun 2015

Alasan Penggunaan: Sharing tempat-tempat menarik dan memberikan opini  untuk pertimbangan travellers lain dan sebagai rekam jejak: “I was here”.. hehehe

Status Akun Saat Ini: Aktif

  1. Blackberry Messenger (BBM) dan WhatsApp (WA)

Medsos berbasis chat ini populer pada zamannya dan seharusnya bisa hidup berdampingan. Meskipun mencoba bertahan dengan melepas eksklusivitasnya, belakangan BBM meredup seiring turunnya pamor ponsel blackberry. Adapun WA masih tetap bertahan karena lebih duluan berbasis multiplatform seperti Android, Blackberry, iOS maupun windows pada PC. Konon, kemudahan terkoneksi, tanpa Personal Identification Number (PIN) membuatnya lebih survive dibandingkan BBM. Padahal sesungguhnya saya lebih suka BBM dengan PIN nya, sehingga hanya authorized selected person yang bisa terhubung dengan kita. Sekarang lagi berkembang juga aplikasi Telegram, dengan konsep yang kurang lebih sama dengan WA. Saya pun sudah mendowload aplikasinya. Namun saat ini belum terlihat tanda-tanda bahwa aplikasi ini mampu menggusur WA.

Mulai Aktif: Tahun 2008

Alasan Penggunaan: (a)Chatting (b) Update dan sharing informasi di Group (walaupun terkadang kebanyakan ikut group malah kebanjiran info-info tidak penting)

Status Akun Saat Ini: BBM – Tidak Aktif, WA – Aktif, Telegram – Aktif

Demikianlah. Sebenarnya banyak lagi medsos yang pernah saya download aplikasinya dan buat akunnya, misalnya mIRC, Kaskus, Zomato, WeChat, LINE, KakaoTalk. Sebagian besar saya delete aplikasi atau jadi tidak aktif karena kesamaan fungsi dengan medsos-medsos lainnya  atau karena saya anggap membuang-buang waktu saja.

Etapi…bukankah hampir semua medsos kalau digunakan secara berlebihan jadinya buang-buang waktu juga? Begitulah. Kalau kamu aktif di medsos apa saja?

 
Leave a comment

Posted by on July 16, 2017 in Santai

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

 
