RSS

The Root of All Evil

02 May

Ya..ya.. itu memang judul salah satu lagu Dream Theater, yang konsernya gue tonton langsung minggu lalu di Ancol… *pamer* Tapi ini lagi ngomongin akar dari seluruh kejahatan (menurut gue) yaitu amarah. Lha, ngomongin amarah terus…kan udah kemarin di postingan yang ini?? Mengertilah kawan…hari-hari belakangan ini gue sering mendengar dan menyaksikan betapa amarah yang tak terkendali bisa berdampak buruk. Makanya gue bilang, amarah itu adalah akar dari segala kejahatan. Simak beberapa contoh berikut:

Oknum TNI yang kemarin ketiban masalah lantaran ngacungin pistol dan mukul pake tongkat komando seorang pengendara sepeda motor di Palmerah, Jakarta juga karena ngga bisa mengendalikan amarah.

Akhir bulan kemarin, masyarakat Lampung Selatan yang sudah muak dengan ‘kerajaan’ yang dibangun mantan bupatinya lantas turun kejalan. Amarah mereka yang tak terkendali malah terlihat salah sasaran karena menghancurkan fasilitas publik, bukannya fasilitas milik klan penguasa itu.

Tahun lalu, sebagian masyarakat Libya yang mengaku sebagai pihak oposisi pemerintah menembak mati pemimpin mereka, Moammar Khadaffi. Konon selama masa pemerintahan Khadaffi, mereka dan pendahulunya adalah pihak yang tertindas. Jadi, begitu ada kesempatan mereka meluapkan amarahnya kepada sang pemimpin (ya..saat itu Khadaffi masih legitimate sebagai pemimpin Libya), mereka merasa berhak untuk menghilangkan nyawanya.

Begitulah. Padahal dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW yang pernah gue baca, orang yang kuat itu adalah orang yang mampu mengendalikan amarahnya. Nah, lho… Jadi orang yang kuat itu bukan orang yang bisa seenaknya mukul-mukulin orang sipil tak bersenjata. Bukan orang yang bisa lempar-lempar batu merusak fasilitas publik. Bukan orang yang bisa menodongkan senjata ke kepala seorang tua yang udah menyerah.

Kalau anda ingin jadi orang yang kuat, belajarlah menguasai amarah. Segampang itu? Silahkan tanya ke diri anda masing-masing, terutama yang punya sifat temperamental. Betapa beratnya menahan amarah ketika sesuatu tak berjalan sebagaimana mestinya. Betapa bergetarnya tubuh menahan untuk tidak membalas makian orang yang memaki-maki kita. Betapa inginnya membanting telepon ketika lawan bicara diujung telepon sana meremehkan intelegensi anda. Lho, gue seperti sedang berkaca… Hehehe.. Terkadang gue masih termasuk orang yang ‘lemah’. Untunglah kali ini tidak. Padahal ingin rasanya bilang: “Sini, biar ku tinju muka kau, bang…”

PS: Ini lhooo…gue mejeng sebelum nonton konser Dream Theater – A Dramatic Turn of Event

 
7 Comments

Posted by on May 2, 2012 in Santai

 

7 responses to “The Root of All Evil

  1. DV

    May 3, 2012 at 3:21 pm

    Aih Dream Theater??!!?? Pengennnn!!!!!

     
    • soyjoy76

      May 8, 2012 at 1:02 pm

      Lebih pengen mana dibanding nonton konser U2? hehehe…

       
  2. vizon

    May 7, 2012 at 2:22 pm

    Memang tidak gampang mengendalikan amarah. Namun, kita tidak boleh menyerah lantaran tidak mampu mengendalikannya. Di antara cara yang diajarkan Nabi untuk mengendalikan amarah adalah, berwudhu dan mendinginkan kepala dengan air suci tersebut. Setelah itu, lakukan shalat sunnat. Insya Allah, pikiran akan kembali tenang..🙂

    Dream Theater itu apaan sih…? *gubbbrrakkk…..*

     
    • soyjoy76

      May 8, 2012 at 1:03 pm

      Dream Theater itu julukan stadiumnya Manchester United, Da… hehehe..

       
  3. @zizydmk

    May 8, 2012 at 3:31 pm

    Menjaga emosi memang tidak gampang. Saya termasuk yang emosional… tapi bisa juga ditahan kok…🙂

     
  4. giewahyudi

    May 20, 2012 at 12:27 pm

    Lha ini nonton Dream Theater kok ga ngajak-ngajak, ga acik nih..🙂

     
  5. frozzy

    August 10, 2012 at 7:10 pm

    Saya termasuk orang yang masih susah menahan amarah…..😦

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: