RSS

Monthly Archives: July 2009

Sistem Penilaian Kinerja

Sewaktu gue masih kuliah di salah satu kampus plat merah di Padang, ada salah seorang dosen pengajar mata kuliah Teori Akuntansi yang sangat old fashioned (…hmmm…padahal masa itu adalah pertengahan tahun 90an, gimana jadulnya ya?:-D) Gue ngga bermaksud mengomentari cara berpakaiannya karena cara mengajarnya lah yang old fashioned. Umurnya sudah lebih dari setengah abad. Mengajar akuntansi sejak mata kuliah itu masih bernama Tata Buku. Pola mengajarnya satu arah, tidak komunikatif dan tidak melibatkan mahasiswa untuk terlibat aktif dalam diskusi. Ia akan terus berbicara sampai topik bahasannya yang direncanakan pada sesi itu selesai, dan diakhiri dengan pertanyaan,” Ada yang belum paham dan ingin ditanyakan?”. Tapi ada satu hal yang justru dimasa itu dianggap sebagai sesuatu yang masih baru dan belum lazim digunakan dikalangan akademisi yaitu sistem penilaiannya. Read the rest of this entry »

Advertisements
 
15 Comments

Posted by on July 29, 2009 in Serius Tapi Santai

 

Setan Merah dan Anak Setan

Ah, negara itu terluka lagi. Sudah terlalu lama mereka terlena. Sudah terlalu lama pula tidak ada pertumpahan darah disana. Enam puluh persen dari mereka yang peduli dengan nasib negaranya sedang larut dalam euforia terpilihnya kembali penguasa lama untuk memerintah. Sisanya yang didukung oleh dua puluh delapan persen suara rakyat peduli tadi masih mencak-mencak tidak terima dengan hasil pemungutan suara memilih penguasa itu. Sisanya lagi udah siap-siap mengepak koper pulang kampung. Terlalu datar dinamika negara itu menurut Anak Setan, salah satu iblis yang berambisi menguasai dunia. Inilah saat yang tepat untuk merebut headline media cetak dan elektronik negara itu. Seperti biasa, Anak Setan tinggal memilih losmen yang banyak dihuni para ekspatriat, menunjuk salah satu martir dan kabooom……!!!!

Read the rest of this entry »

 
12 Comments

Posted by on July 17, 2009 in Santai

 

Untung Udah Diasuransikan…

Beberapa tahun terakhir ini dunia perbankan semakin gencar menawarkan produk non-tabungan yang dikombinasikan dengan instrumen keuangan lainnya seperti asuransi maupun investasi surat berharga lainnya. Mereka menyebutnya Bancassurance. Ngga kayak instrumen perbankan konvensional seperti tabungan dan deposito, produk-produk bancassurance umumnya menjanjikan imbal hasil (yield) yang lebih menggiurkan. Tentunya risiko investasinya juga tinggi. Mungkin banyak diantara sodara-sodara yang ditawari oleh marketing dari suatu bank, yang menawarkan produk simpanan berbasis reksadana lah, deposito dual currency lah, simpanan+asuransi lah, dll. Pokoke namanya macam-macam. Nah…kebetulan isteri gue kerjaannya jadi marketing produk perbankan semacam itu. Dari hasil wawancara gue dengan sang isteri (halah…bahasa gue sok intelek gini…:-D) terungkaplah bahwa memasarkan produk perbankan yang dikawinkan dengan asuransi adalah termasuk yang paling susah (sampel adalah calon nasabah di Pekanbaru). Apalagi produk asuransi murni. Kok bisa? Read the rest of this entry »

 
16 Comments

Posted by on July 14, 2009 in Serius Tapi Santai

 

Ikhlas & Syukur Nikmat

Ada yang berbeda dengan perayaan ulang tahun bank tempat gue mencari sesuap nasi. Paling ngga sepanjang yang gue tahu. Perlombaan olah raga dan maen gaplek (is it a kind of sport??) sih tetap ada. Lomba mewarnai untuk anak-anak pegawai juga masih ada. Yang berbeda justru dipuncak acara perayaannya. Dulu, pada hari H-nya selalu diadakan upacara bendera (oalah…jadi inget masa-masa SD). Biasanya dalam kata sambutan dari Dirut, yang juga dibacakan serentak di seluruh kantor cabang seantero Indonesia, terselip kata-kata tersirat (kadang juga tersurat), yang justru ditunggu-tunggu ama seluruh karyawan, bahwa akan ada pembagian bonus. Tapi itu dulu. Tahun lalu upacara bendera udah ditiadakan. Gantinya hanya pembacaan pidato Dirut oleh bapak kepala cabang. Tidak pula ada kata-kata tersirat yang ditunggu-tunggu oleh pegawai.

Read the rest of this entry »

 
11 Comments

Posted by on July 7, 2009 in Santai