RSS

Suatu Siang di Lollipop

13 Aug

Hari itu adalah hari pertama Alif, si sulung, masuk sekolah TK-B di Jakarta. Gue mendaftarkan ke sekolah yang satu yayasan dengan ketika Alif masuk TK-A di Pekanbaru karena selain tambahan biayanya nggak terlalu memberatkan, kebetulan juga lokasinya searah dengan kantor gue. Biar Alifnya semangat, gue dan istri sepakat mengambil cuti 2 hari, untuk menemani hari-hari pertamanya di sekolah baru dan lingkungan baru.

Ternyata hari pertama sekolah cuma berlangsung sebentar, dan lebih merupakan acara seremonial. Matahari pun belum tegak lurus menyinari bumi Jakarta. Oleh karena itu, sepulang sekolah gue lalu mengajak Alif ke tempat bermain favoritnya, Lollipop Playland, arena bermain anak-anak indoor di sebuah pusat perbelanjaan di Arteri Pondok Indah. Berhubung masih relatif pagi, pengunjung pusat perbelanjaan itu belum terlalu ramai. Didalam Lollipop pun hanya terdapat beberapa anak-anak sedang bermain, sebagian besar didampingi babysitter nya. Gue? Oh, tentunya mendampingi langsung si Alif bermain, berlarian kesana kemari, memanjat tali, meluncur di perosotan balon raksasa, dan aneka kegiatan untuk melatih motorik kasar gue (halah…udah sepuh aja)

Tak lama, ketika gue sedang menjadi ‘monster’ dan mengejar Alif yang teriak-teriak kegirangan karena berhasil menghindar dari sergapan gue, seorang anak perempuan ikutan nimbrung. “Hey you, monster. Come on catch me!!” teriaknya. Heh? Sejenak gue dan Alif bengong, ada pemain baru nih. Akhirnya karna orang gak terlalu rame, ‘monster’ itupun mulai mengejar anak perempuan ini. Dia menghindar terkekeh-kekeh dan berlari kearah Alif. Nayra, nama gadis kecil itu berkomunikasi dengan Alif dan gue dalam bahasa Inggris yang cukup fasih untuk ukuran anak-anak. Adapun Alif yang ngga ngerti apa yang diomongin Nayra cuma bisa bilang “Oke”, “No” atau melirik kearah gue sambil ngasih isyarat:”Apa katanya, Pa?”

Permainan ‘monster’ mengejar anak-anak itupun berlangsung sampai 15 menitan sampai akhirnya ‘monster’ nyerah karena pinggangnya mulai pegel. Sambil duduk selonjor, iseng-iseng mengalir percakapan berikut:

Gue: “how old are you?”

Nayra: “I am six years old”

Alif: “Apa katanya, Pa?”

Gue: “Umurnya 6 tahun, nak”

Gue: “Did you come here with your parents? I don’t see your parents around”

Nayra:”I came here with my nanny. She’s over there. That boy sleeping in the stroller is my brother. He is 6 months old”

Alif: ”Apa katanya, Pa?”

Gue:”Dia datang sama pengasuhnya yang lagi jagain ade bayi di stroller pojok sana”

Gue: “You have a very good english. Where did you learn speaking English? You are Indonesian, right?”

Nayra: “I learn English from my school..*nyebutin nama sebuah sekolah internasional di Jakarta*

Alif: “Apa katanya, Pa?”

Gue:”Dia belajar bahasa Inggris di sekolahnya”

Tak lama seorang pria gemuk berperawan sedang dan berwajah teduh berdiri dipintu masuk Lollypop dan memanggil nama Nayra. Beliau didampingi seorang ibu berjilbab. Keduanya berwajah Indonesia asli. Gadis itu berdiri dan bilang ke arah saya.

Nayra: “That’s my daddy and mommy”

Alif: “Apa katanya, Pa?”

Gue: “Papa dan mamanya nya datang…”

Karena gue udah capek, gue juga mengajak Alif untuk segera pulang. Dipintu masuk Lollypop gue dan Alif berpapasan dengan Nayra dan keluarganya. Dia dadah-dadahan sama Alif. Biar sopan saya mencoba berbasa-basi dengan daddy Nayra.

Gue: “YOUR SON HAS A VERY GOOD ENGLISH…”

Daddy Nayra: *she’s a girl, you know….*

Picture taken from Lollipop Website

 
19 Comments

Posted by on August 13, 2012 in Santai

 

19 responses to “Suatu Siang di Lollipop

  1. Zee

    August 13, 2012 at 5:04 pm

    Hahahahaaaa….
    Salah ucap dikit ya, ternyata salah artinya. Itu anak perempuan orang Indonesia atau turunan bule, Mas?

     
    • soyjoy76

      August 14, 2012 at 8:26 am

      Keknya sih orang Indonesia, Mba..

       
  2. LJ

    August 13, 2012 at 10:05 pm

    wkwkkk.. papa si Alif salah saketek, ndak ba’a awak samo awak..😛

    Bundo sampai skrg gak berani bicara pake bahasa inggris,
    kemampuan berbahasa secara lisan bundo memang terbatas dan kurang berlatih
    sekian lama tahun hidup di bandung pun tak sanggup bertukar kata lebih jauh.dalam bahasa sunda, palingan hanya.. punteun.. mangga..😛

    tapi kata Alif, man jadda wajada.. kita semua pasti bisa..!

     
    • soyjoy76

      August 14, 2012 at 8:27 am

      Ndeeh Bundo merendah… Orang Bukittinggi kan pada jago bahasa Inggris semua, secara banyak turis bule gituh.. hehehe.

       
  3. Imelda

    August 14, 2012 at 1:01 am

    hihihi… kesalahan yang paling sering terjadi adalah penggunaan she and he😀
    not son and daughter😉
    nice try sir

     
    • soyjoy76

      August 14, 2012 at 8:29 am

      Slip of the tongue … *ngeles*

       
  4. DV

    August 14, 2012 at 6:31 am

    Believe it or not, di sini kesalahan-kesalahan seperti itu termaafkan… Kenapa? Karena menggunakan bahasa bukan sebagai gengsi tapi sebagai kewajiban.. dan manusia tak wajib untuk tak salah hehehe🙂

    Bravo untuk Alif yg sudah makin gede!

     
    • soyjoy76

      August 14, 2012 at 8:35 am

      Alif: “Makasyi Om DV.. Salam buat Odilia yaa..”

       
  5. nh18

    August 14, 2012 at 11:17 am

    HUahahahahaaha …
    Ini kocak bener …
    Yaaa gak papa lah … yang penting … ane ngarti … ente ngarti …

    Salam saya Pak Anderson …

    (Pondok Indah ?? … waaahhh tempat maen kita sama nih …)
    (semoga bisa ketemu nih …)

     
  6. Nh Her

    August 14, 2012 at 11:18 am

    HUahahahahaaha …
    Ini kocak bener …
    Yaaa gak papa lah … yang penting … ane ngarti … ente ngarti …

    Salam saya Pak Anderson …

    (Pondok Indah ?? … waaahhh tempat maen kita sama nih …)
    (semoga bisa ketemu ya Pak …)

     
    • soyjoy76

      August 14, 2012 at 11:58 am

      Hahaha…iya pak… ane narti..ente ngarti..
      Tarzan aja bisa berkomunikasi tanpa bicara..hehe🙂

       
  7. vizon

    August 14, 2012 at 3:37 pm

    Salah-salah sikit tak apelah, Pakcik…
    Kata orang Betawi, maapkan kalau ada salah-slaah kata..🙂

    Anak-anak seperti Nayra bagus memang bisa menguasai bahasa asing di usia belianya. Namun, sayangnya, banyak mereka yang lantas tidak bisa bahasa ibunya, bahasa indonesia, konon pulak bahasa daerah. Sebuah ironi sebenarnya..

     
  8. Ceritaeka

    August 15, 2012 at 6:04 am

    Untung bapaknya gak ngamuk anaknya dibilang cowok udaaa😀
    Hahaha
    Monsternya disenengin anak kecil sampe disuruh ngejar-ngejar gitu karena beliin lollipop ya? *semena-mena nuduh*
    Mau lollipooooop😀

     
  9. Nafi' Abdul Hakim

    August 15, 2012 at 6:39 am

    nyahahahahahahaha, enak mood di awal, rusak di akhir gara2 salah ngomong, hahahahha, kagak malu Kang? Tapi keren looo anak umur segitu udah diajarin convers, lancar pula…

     
  10. ded

    August 15, 2012 at 2:29 pm

    He3 cuma sliptongue saja ga pa pa Pak, yang penting bisa berkomunikasi dengan baik..🙂

     
  11. soyjoy76

    August 15, 2012 at 4:11 pm

    @Uda Vizon
    Ya..akan lebih baik kalau mereka tetap bisa berbahasa Indonesia ya, Da. untuk kasus Nayra, keliatannya doi ngerti bahasa Indonesia tapi ngga bisa/mau berbicara bahasa Indonesia…

    @ceritaeka
    Halah… ito ini masih mau lollipop pulak?

    @Nafi’
    Alhamdulillah, pede kang… Malu dikit sih

    @Uded
    Ya, silap lidah…🙂

     
  12. boyin

    August 15, 2012 at 5:36 pm

    banyak pernakan bule kali disana bro…wah gw kalo domain .wp.com kok susah komen ya…

     
  13. Arman

    August 18, 2012 at 6:38 am

    hahhaha jadi malu dah…😛

     
  14. farizalfa

    August 21, 2012 at 7:40 am

    namanya kan Nayra, kok laki2 sih?
    xixixi
    kemampuan english memang perlu dilatih sejak kecil, kalau bisa ditambah juga dengan jepang atau jerman.

     

Leave a Reply

 
