RSS

Jangan Putus Kontinuitas..

30 Sep

Sejak awal Ramadhan yang lalu gue bertekad untuk selalu sholat taraweh berjamaah di masjid. Atau kalau ngga sempat, tarawih berjamaah berdua isteri di rumah jadi rencana cadangan. Kontinuitas itu awalnya berjalan mulus sampai suatu hari rasa malas mulai hinggap. Banyaknya kerjaan dikantor dijadikan alasan pembenar untuk ‘ijin’ nggak taraweh satu malam itu. Selanjutnya bisa di tebak, berbagai alasan silih berganti muncul yang menyebabkan aktivitas taraweh gue jadi putus-nyambung-putus-nyambung.. Begitulah, kalau kontinuitas yang udah berjalan baik disela dengan kegiatan lain (atau terkadang ngakunya mau istirahat..), biasanya akan sulit untuk memulai kembali, atau menemukan iramanya lagi, sehingga kembali menjadi aktivitas yang kontinyu.

Begitu pulalah nasibnya dengan blog Soyjoy ini. Awalnya gue secara kontinyu mempersiapkan bahan tulisan untuk diposting di blog ini. Semuanya begitu lancar, mengalir dan enjoyable. Sampai suatu saat gue memutus kontinuitas itu untuk berbagai alasan, menyelesaikan berbagai laporan di kantor, membaca buku-buku agama untuk memperkaya rohani selama bulan puasa.. dan tak lupa ngabuburit. Begitu gue mau mulai menulis lagi, semuanya jadi terasa berat. Mencari bahan referensi untuk posting, mencari kalimat yang mengalir mulus dari satu paragraf ke paragraf berikutnya, mencari ilustrasi yang mendukung tulisan…halah…pokoke semua yang tadinya begitu gampang gue lakukan sekarang malah jadi memberatkan.

Parahnya lagi, bukan hanya memposting tulisan yang nggak gue lakukan. BW pun ngga lagi jadi menu sarapan pagi gue..(lha iyalah, kan selama bulan puasa gue ngga sarapan :-p ). Bahkan untuk mampir ke surau inyiak aja udah dua bulan ini ngga gue lakukan. Entah apa pula kabar sahabat gue yang di Kamboja ini. Kangen rasanya ikut bermenung sambil menikmati sajian alam yang di jepret oleh mas ekspatriat ini. Belum lagi selama dua bulan ini gue juga mangkir dari pelatihannya si Oom. Klinik kebijaksanaan bu dokter dan Pak Racheed pun lama tak gue sambangi. Sahabat gue yang satu ini pasti udah menghasilkan banyak lagi tips-tips nyeleneh di apartemennya nun jauh disana. Sama nyelenehnya dengan tips-tips dari sahabat gue urang awak rasa bobotoh yang satu ini. Si Uni ini udah masak apa pula di dapurnya buat lebaran? Pun dengan Ajo laweh nan enerjik ini, apa pula yang sedang dikerjakannya sekarang. Begitulah. Gue kangen silaturrahmi dengan sahabat-sahabat dunia maya gue. Ah…mulai sekarang gue harus bertekad mulai rajin nulis lagi. Mempererat lagi tali silaturrahmi… Mudah-mudahan kontinuitas itu bisa berjalan lagi..

 
7 Comments

Posted by on September 30, 2009 in Santai

 

7 responses to “Jangan Putus Kontinuitas..

  1. vizon

    September 30, 2009 at 3:11 pm

    wellcome back bro…

    memulai sesuatu yang baru memang sulit, tapi memulai kembali yang sudah lama terputus jauh lebih sulit…
    tapi, dengan tekad dan konsistensi, insya Allah semuanya akan teratasi.

    terus terang, sempat terpikir olehku kalau dirimu ada “apa-apanya”. syukurlah bila ternyata semuanya baik-baik saja…😀

     
  2. arman

    September 30, 2009 at 5:22 pm

    hahaha tips gua masa nyeleneh sih…😛
    btw welcome back ya to blogsphere… bener tuh kata lu, kalo sekali aja kita nyari excuse untuk lari dari sesuatu, bakal akan lebih gampang nyari excuse berikutnya untuk lari lagi dan lagi dan lagi…🙂

    yah kalo lari nya dari blogging sih masih gak apa lah… tapi jangan lari dari ibadah dong ya…😀

    tentang blogging, makanya gua juga sedang memotivasi diri untuk at least ada 8 posting per bulan… soalnya kalo gak dimotivasi gitu takutnya jadi males, males, males lama2 blog nya mati deh… sayang juga kan…😀

     
  3. DV

    October 1, 2009 at 12:20 am

    Welcome back, Bro!
    Pertama-tama, Selamat Idul Fitri dulu. Aku yakin setelah menikmati libur Lebaran kamu lebih segar tak hanya fisik tapi juga mental dan spiritual.

    Dan mari kita berlanjut berkomunitas lagi..:)
    Welcome back!

     
  4. marshmallow

    October 12, 2009 at 8:15 am

    ternyata sama, uda. walaupun tidak sepanjang uda sonny, tapi saya terbilang sudah cukup lama absen ngeblog. alasannya panjang, bisa beragam. padahal kangen sekali untuk bisa bersambang lagi dengan teman-teman narabloger. dan blog uda sonny ini berdasarkan reader saya memang sudah lama sekali tidak ada berita baru.

    kalau begitu, saya ucapkan selamat kembali ke dunia blog. mudah-mudahan selanjutnya kontinuitas tidak pernah lagi terputus sepanjang ini. otre?

     
  5. Ade

    October 23, 2009 at 5:25 pm

    Udaaa, sama saya juga sedang mencoba menemukan kembali irama kontinuitas ngeblog dan blogwalking🙂
    Yukk sama2 semangat Uda!

     
    • soyjoy76

      October 26, 2009 at 1:54 am

      Semangaaat…!!!😀

       
  6. ikkyu_san

    November 2, 2009 at 10:31 am

    hmmm
    saya seperti membayangkan sebuah barisan semut yang diusik manusia dengan jari. Mereka akan berhamburan tapi dengan sedikit berusaha, mereka membuat jalan baru, yang mungkin melenceng sedikit, tapi tujuannya sama. (Dan kalau saya boleh bilang tujuan blogging adalah persahabatan –paling tidak untuk saya)

    EM

     

Leave a Reply

 
