RSS

Hukum Karma Itu Ada

16 Jan

Gue ngga suka sama auditor yang ngaudit kantor gue. Mau auditor eksternal atau internal, sama nyebelinnya. Apalagi dikantor gue yang punya pemerintah republik ini, yang ngaudit silih berganti kayak lomba lari estafet. Sempat kepikiran, kok auditor ini ngga ngopi aja laporan dari auditor lain yang dah ngubek-ngubek kantor gue sebelumnya? Kan jadinya ngga ngerepotin gue dan teman-teman kantor yang lain, si teraudit.

Pertama, auditor dengan semena-mena merubah pekerjaan gue dan teman-teman kantor dari seorang bankir menjadi juru fotokopi yang harus mengkopi berlembar-lembar dokumen untuk dibawa pulang ke Jakarta. Katanya sih buat dianalisa.
Auditor : Mas, tolong difotokopiin dokumen ini ya…
Gue      : Semuanya, Mas? [dengan muka malas]
Auditor : Iya, semuanya [ngga peduli ]

Kedua, auditor sukanya nanya daripada mbaca (terutama kalo auditornya masih cupu, fresh from the college!!).
Auditor : Mas, sejak kapan PT Z jadi debitur bank anda? [sambil memegang laporan kredit PT Z]
Gue      : Sejak tahun 2007… Kan ada di laporan analisa kreditnya..
Auditor : Oiya..bener. Trus plafon kredit PT Z berapa ya?
Gue      : Duapuluh miliar…Kan ada di laporan analisa kreditnya.. [mulai ngga sabaran]
Auditor : Hmm…. Lokasi pabriknya dimana mas?
Gue       : Di Padang… Kan ada di laporan analisa kreditnya..[minta izin pura-pura mau ke toilet]

Ketiga, auditor sukanya memaksa orang untuk berkomitmen yang belum tentu sanggup dipenuhinya.
Auditor : Mas, tolong dibikinin rincian debitur bank anda berdasarkan sektor industri ya..
Gue       : Baik Pak..
Auditor : Kapan rinciannya bisa diserahkan ke saya?
Gue       : Saya usahakan besok siang, Pak [kelihatan ragu-ragu]
Auditor : Ntar sore aja deh
Gue       : Baik Pak [makin ragu-ragu]

Keempat, auditor sukanya mengancam.
Auditor : Pokoknya laporan keuangan PT Y harus kami terima sebelum akhir bulan ini!
Gue      : Wah ngga janji deh Pak… laporannya masih disusun sama debiturnya [memelas]
Auditor : Kalau laporannya belum kami terima akhir bulan ini, debiturnya turun ke golongan 3*
Gue      : Jangan dong, Pak… [makin memelas]
* turun golongan debitur bagi bank adalah aib karena menunjukkan ketidakmampuan si bankir yang mengelola debitur ybs untuk membayar kewajibannya kepada bank..

Hmm…masih banyak alasan buat gue sebel sama auditor… Tapi gue jadi ingat, dialog-dialog sejenis sering gue alami beberapa tahun yang lalu. Waktu itu, gue yang merubah pekerjaan si teraudit jadi juru fotokopi, gue yang suka nanya sebelum membaca, gue yang maksa si teraudit untuk berkomitmen yang belum tentu sanggup dipenuhinya dan gue juga yang suka mengancam. Karena waktu itu gue yang jadi auditornya!!! Hehehe…Hukum Karma Itu Ada…=)

Disclaimer:
Tulisan ini bukan dimaksudkan untuk menyerang atau menjelek-jelekkan suatu profesi tertentu. Tulisan ini gue persembahkan untuk teman-teman gue yang masih setia mengabdikan diri sebagai auditor dimanapun didunia ini. Tetaplah tegar, kawan…meskipun banyak yang sebel ama lo…*peace*

 
11 Comments

Posted by on January 16, 2009 in Uncategorized

 

11 responses to “Hukum Karma Itu Ada

  1. ichanx

    January 18, 2009 at 3:44 pm

    auditor…. tukang cari-cari kesalahan…. wkakawkawkak

     
  2. simaaingsimamaung

    January 19, 2009 at 7:46 am

    Jadi inget waktu jd appraiser….hehehehe !! kadang suka boongin bank…sekarang musti mastiin gwe gak diboongin wakakakak !!

     
  3. qben

    January 20, 2009 at 10:21 am

    Menurut lo mending mana son, jadi auditor, bankir or juru kopi?

     
  4. sampetua tambunan

    January 21, 2009 at 3:59 am

    Jd pemeriksa atau diperiksa sama-sama ga enak……tapi kata pepatah Indonesia…dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung…begitu..udo…..

     
  5. soyjoy76

    January 21, 2009 at 7:55 am

    @ichanx
    gue no comment deh, kayak disclaimer gue… =)

    @simaaing
    makanya…kena karma juga yah? hehehe…

    @qben
    gue pengen jadi bankir yang ngga diaudit sama auditor!!!

    @sampetua
    you pasti auditor…hahaha

     
  6. In.sindu

    January 22, 2009 at 2:37 am

    OOm..kok nyebelin sih…ga inget dulu juga auditor….iye..nih aku juga sekarang jadi auditor lg..karena harus balik lg kejakarta ngikut suami…yg paling cepet biar dpt kerja ya jadi..auditor (hiks..hiks…pdhal cuapek..dan byk disebelin..kayak OOm misalnya)…he..he…btw….jgn bete2 gitu dong ama auditor..itung2…membantu sesama teman…ye….

     
  7. Happy

    February 5, 2009 at 11:07 am

    Gw msh bingung. Letak karmanya dimana? Perasaan ini crita tntg auditor nyebelin gt? Ehm..

     
  8. soyjoy76

    February 6, 2009 at 11:10 am

    @Happy
    Dulu gue yang jadi auditor yang bikin keki orang yg gue audit. Sekarang gue yang dibikin keki ama auditornya. That simple..

     
  9. oji

    October 11, 2011 at 4:20 pm

     
  10. mii

    March 1, 2012 at 10:58 am

    hehehe,,, bener bgt ni tulisannya. So funny so true!!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: