RSS

Daily Archives: January 16, 2009

Hukum Karma Itu Ada

Gue ngga suka sama auditor yang ngaudit kantor gue. Mau auditor eksternal atau internal, sama nyebelinnya. Apalagi dikantor gue yang punya pemerintah republik ini, yang ngaudit silih berganti kayak lomba lari estafet. Sempat kepikiran, kok auditor ini ngga ngopi aja laporan dari auditor lain yang dah ngubek-ngubek kantor gue sebelumnya? Kan jadinya ngga ngerepotin gue dan teman-teman kantor yang lain, si teraudit.

Pertama, auditor dengan semena-mena merubah pekerjaan gue dan teman-teman kantor dari seorang bankir menjadi juru fotokopi yang harus mengkopi berlembar-lembar dokumen untuk dibawa pulang ke Jakarta. Katanya sih buat dianalisa.
Auditor : Mas, tolong difotokopiin dokumen ini ya…
Gue      : Semuanya, Mas? [dengan muka malas]
Auditor : Iya, semuanya [ngga peduli ]

Kedua, auditor sukanya nanya daripada mbaca (terutama kalo auditornya masih cupu, fresh from the college!!).
Auditor : Mas, sejak kapan PT Z jadi debitur bank anda? [sambil memegang laporan kredit PT Z]
Gue      : Sejak tahun 2007… Kan ada di laporan analisa kreditnya..
Auditor : Oiya..bener. Trus plafon kredit PT Z berapa ya?
Gue      : Duapuluh miliar…Kan ada di laporan analisa kreditnya.. [mulai ngga sabaran]
Auditor : Hmm…. Lokasi pabriknya dimana mas?
Gue       : Di Padang… Kan ada di laporan analisa kreditnya..[minta izin pura-pura mau ke toilet]

Ketiga, auditor sukanya memaksa orang untuk berkomitmen yang belum tentu sanggup dipenuhinya.
Auditor : Mas, tolong dibikinin rincian debitur bank anda berdasarkan sektor industri ya..
Gue       : Baik Pak..
Auditor : Kapan rinciannya bisa diserahkan ke saya?
Gue       : Saya usahakan besok siang, Pak [kelihatan ragu-ragu]
Auditor : Ntar sore aja deh
Gue       : Baik Pak [makin ragu-ragu]

Keempat, auditor sukanya mengancam.
Auditor : Pokoknya laporan keuangan PT Y harus kami terima sebelum akhir bulan ini!
Gue      : Wah ngga janji deh Pak… laporannya masih disusun sama debiturnya [memelas]
Auditor : Kalau laporannya belum kami terima akhir bulan ini, debiturnya turun ke golongan 3*
Gue      : Jangan dong, Pak… [makin memelas]
* turun golongan debitur bagi bank adalah aib karena menunjukkan ketidakmampuan si bankir yang mengelola debitur ybs untuk membayar kewajibannya kepada bank..

Hmm…masih banyak alasan buat gue sebel sama auditor… Tapi gue jadi ingat, dialog-dialog sejenis sering gue alami beberapa tahun yang lalu. Waktu itu, gue yang merubah pekerjaan si teraudit jadi juru fotokopi, gue yang suka nanya sebelum membaca, gue yang maksa si teraudit untuk berkomitmen yang belum tentu sanggup dipenuhinya dan gue juga yang suka mengancam. Karena waktu itu gue yang jadi auditornya!!! Hehehe…Hukum Karma Itu Ada…=)

Disclaimer:
Tulisan ini bukan dimaksudkan untuk menyerang atau menjelek-jelekkan suatu profesi tertentu. Tulisan ini gue persembahkan untuk teman-teman gue yang masih setia mengabdikan diri sebagai auditor dimanapun didunia ini. Tetaplah tegar, kawan…meskipun banyak yang sebel ama lo…*peace*

 
11 Comments

Posted by on January 16, 2009 in Uncategorized